Definisi Suku Cadang

Apa Fungsi Intercooler Pada Mobil? Ini Definisi nya!

intersport.id – Bila diperhatikan pada mobil bermesin turbo, kebanyakan ada bagian di depan mobil berbentuk seperti radiator. Nah, komponen itu adalah komponen yang disebut dengan nama intercooler. Mas Bro pernah dengar istilah Intercooler? Bahkan bagi orang yang tidak terlalu mengenal mesin sekalipun, pasti pernah mendengar istilah ini sekali atau dua kali. Tidak bisa dipungkiri, Intercooler ini memang merupakan salah satu komponen mobil yang cukup penting. Intercooler memang ditempatkan di depan mesin pun bukan sekadar untuk bergaya saja. Untuk tahu lebih banyak mengenai komponen mobil yang satu ini, mari simak dulu uraiannya yang berikut ini, Bro!

INTERCOOLER PADA MESIN MOBIL

Intercooler adalah sebuah alat atau komponen yang memiliki bentuk mirip dengan radiator mobil, hanya saja memiliki fungsi yang berbeda, jika radiator ini fungsinya adalah untuk mendinginkan air, sedangkan untuk intercooler sendiri fungsinya adalah untuk mendinginkan udara yang dihasilkan oleh mesin turbo sebelum dimasukkan kedalam ruang bakar.

Intercooler Mitsubishi Pajero Sport & Triton

Sebuah intercooler sendiri merupakan alat mekanik yang digunakan untuk mendinginkan sebuah fluida, termasuk cairan maupun gas, antara tahapan pada proses pemanasan multi-tahap, biasanya berupa alat penukar panas yang membuang limbah panas dalam kompresor gas. Digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk kompresor udara, pendingin ruangan, lemari es, dan gas turbin. Dikenal secara luas pada dunia otomotif sebagai pendingin udara-udara atau udara-cairan untuk induksi tenaga (Turbocharger atau Supercharger) di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan efisiensi volumetrik mereka dengan meningkatkan kepadatan asupan muatan udara mendekati pendinginan isobarik.

Intercooler Mitsubishi Pajero Sport & Triton

Intercooler meningkatkan efisiensi sistem induksi dengan mengurangi induksi panas udara yang diciptakan oleh supercharger atau turbocharger dan meningkatkan pembakaran lebih menyeluruh. Hal ini menghilangkan panas kompresi yang diakibatkan kenaikan suhu yang terjadi dalam gas apapun ketika tekanannya dinaikkan atau unit massa per satuan volume (densitas) dinaikkan.

Turbocharger dan supercharger direkayasa untuk memaksa massa udara lebih ke dalam mesin intake manifold dan ruang bakar. Intercooling adalah metode yang digunakan untuk mengkompensasi disebabkan oleh pemanasan supercharging, produk sampingan alami proses kompresi semi-adiabatik. Peningkatan tekanan udara dapat mengakibatkan masukan menjadi terlalu panas, akibatnya akan mengurangi keuntungan kinerja supercharging secara signifikan karena penurunan densitas. Peningkatan suhu masukan juga dapat meningkatkan suhu silinder pembakaran, menyebabkan peledakan, atau kerusakan panas ke blok mesin.

Intercooler Mitsubishi Pajero Sport & Triton

Seperti yang sudah diketahui, udara yang diisap dan ditekan secara paksa oleh turbin turbo menghasilkan suhu udara yang lebih tinggi. Tidak hanya dari tekanan tinggi, prinsip kerja turbo yang memanfaatkan tendangan gas buang untuk memutar sudut turbin pun menyumbang panas di turbo itu sendiri. Hasilnya, suhu udara pun akan ikut menjadi panas. Udara yang panas dan masuk ke dalam mesin kurang baik untuk proses pembakaran, tenaga mesin pasti akan berkurang dan kemungkinan mobil bisa mengalami overheat.

Dan disinilah peran penting Intercooler diperlukan. Alat yang berbentuk seperti radiator dan memiliki kisi-kisi pendinginan ini merupakan tempat dimana udara dari isapan turbo didinginkan secara maksimal. Terpaan udara dari depan mobil akan sangat membantu pendinginan udara yang diisap turbo.

Intercooler pada umumnya memiliki bahan dasar aluminium. Bahan ini memang diketahui mampu melepas panas lebih cepat dibanding bahan besi biasa. Seperti radiator saja, bahan aluminium mampu melepas panas lebih cepat dibanding bahan lainnya. Jadi bahan ini biasa dipakai untuk intercooler. Dengan udara yang lebih dingin pastinya mendapatkan efek positif bagi mesin. Molekul udara yang lebih banyak yang masuk ke dalam mesin akan membuat tenaga mobil lebih baik. Selain itu, udara yang lebih dingin akan mampu menstabilkan suhu mesin lebih baik.

Untuk bentuk dan ukuran intercooler pun beragam. Hal ini disesuaikan dari besar kecilnya turbo, volume udara yang dihisap dan kapasitas mesin itu sendiri.

SISTEM KERJA INTERCOOLER PADA MOBIL

Pada dasarnya, cara kerja dari intercooler ini sangat sederhana. Intercooler bekerja dengan cara mendinginkan udara terkompresi yang dihasilkan oleh mesin turbo yang semula bersuhu panas atau bersuhu tinggi, kemudian suhu tersebut dialirkan kedalam kisi-kisi intercooler ini. Selanjutnya udara yang mengalir didalam kisi-kisi ini akan didinginkan oleh hembusan angin yang melewati kisi-kisi intercooler.

Proses ini akan mengakibatkan udara yang semula panas menjadi dingin, dengan demikian partikel udara yang telah didinginkan ini menjadi lebih padat sehingga sewaktu udara ini dimasukkan kedalam ruang bakar, kompresi yang dihasilkan akan jauh lebih tinggi dibandingkan udara dari mesin turbo yang tidak didinginkan menggunakan intercooler.

Tingginya kompresi mesin, membuat tenaga yang dihasilkan menjadi jauh lebih besar lagi sehingga efisiensi bahan bakar juga menjadi meningkat. Selain itu, mesin mobil akan menghasilkan sedikit gas polutan karena kompresi yang tinggi ini membuat proses pembakaran menjadi lebih sempurna, sehingga tidak ada sisa bahan bakar yang tidak terbakar atau tidak terpakai karena kebutuhan oksigen didalam mesin untuk proses pembakaran tercukupi.

POSISI INTERCOOLER

Posisi intercooler ini sendiri pada sebuah mobil haruslah berada di lokasi yang mudah dilalui udara bebas dan umumnya berada di dua lokasi yang berbeda. Yang pertama, intercooler diletakkan dibalik bemper depan kendaraan berurutan dengan kisi kisi atau kondensor AC, kisi-kisi radiator dan yang paling depan adalah kisi-kisi dari intercooler.

Lalu lokasi yang kedua adalah yang terletak persis dibalik kap mobil atau diatas mesin mobil seperti yang kita temukan pada mobil Toyota Fortuner ataupun Toyota Hilux Double cabin. Dari kedua posisi ini, posisi yang lebih mudah adalah yang berada dibagian atas mesin, dalam hal membersihkannya.

Perawatan dari intercooler ini terbilang sederhana sebab tidak ada hal khusus yang harus kita lakukan kecuali membersihkan kisi-kisi intercooler dari kotoran yang menempel seperti debu ataupun dedaunan atau sampah plastik yang mungkin melekat agar kinerjanya menjadi maksimal.

sumber : intersport.id

Foto di atas merupakan Intercooler untuk Mitsubishi Pajero Sport GLX, Exceed & Dakar 2009-2015 serta Mitsubishi Triton. BELI DI SINI

Follow Us On :
Instagram : unoPartID
Facebook : unoPart
Webstore : rajasukucadang.com

Leave a Reply

Theme by Anders Norén