Definisi Suku Cadang

Memahami Pengertian Universal Joint, Penggunaan dan Fungsi Universal Joint pada Mobil

unoPart.id – Universal Joint / kopel universal adalah joint yang menghubungkan batangan yang ujung nya perlu terhubung dengan yang lain dan biasanya digunakan untuk memungkinkan batang untuk melakukan gerakan berputar.

Pemahaman Singkat

Agar lebih di pahami, anggap saja universal joint itu adalah sendi yang ada dalam siku lengan kita, siku manusia (elbow). Dengan ada nya sendi pada siku lengan kita, kita dapat melakukan gerakan memutar, menekuk, naik turun dan demikian.

Sejarah Universal Joint (dikutip dari sumber)

Konsep utama dari sambungan universal didasarkan pada desain gimbal, yang telah digunakan sejak jaman dahulu. Salah satu antisipasi dari persendian universal adalah penggunaannya oleh bangsa Yunani kuno pada balada.

Di Eropa sambungan universal sering disebut sambungan Cardano atau poros Cardan, setelah ahli matematika Italia Gerolamo Cardano; Namun, dalam tulisannya, ia hanya menyebutkan pemasangan gimbal, bukan sambungan universal.

Mekanisme ini kemudian dijelaskan dalam Technica curiosa sive mirabilia artis (1664) oleh Gaspar Schott, yang secara keliru mengklaim bahwa itu adalah sambungan kecepatan-konstan.

Tak lama setelah itu, antara 1667 dan 1675, Robert Hooke menganalisis sambungan dan menemukan bahwa kecepatan putarannya tidak seragam, tetapi properti ini dapat digunakan untuk melacak gerakan bayangan di wajah jam matahari.

Faktanya, komponen persamaan waktu yang memperhitungkan kemiringan bidang ekuatorial relatif terhadap ekliptika sepenuhnya analog dengan deskripsi matematis dari sambungan universal. Penggunaan pertama yang tercatat untuk istilah universal joint untuk perangkat ini adalah oleh Hooke pada tahun 1676, dalam bukunya Helioscopes.

Ia menerbitkan deskripsi pada 1678, yang menghasilkan penggunaan istilah Hooke joint di dunia berbahasa Inggris. Pada tahun 1683, Hooke mengusulkan solusi untuk kecepatan putar tidak seragam dari sambungan universal: sepasang sambungan Hooke 90 ° dari fase di kedua ujung poros perantara, suatu pengaturan yang sekarang dikenal sebagai jenis sambungan kecepatan konstan.

Christopher Polhem dari Swedia kemudian menemukan kembali persendian universal, sehingga memunculkan nama Polhemsknut (“Polhem knot”) dalam bahasa Swedia.

Pada tahun 1841, ilmuwan Inggris Robert Willis menganalisis gerakan persendian universal. Pada tahun 1845, insinyur dan matematikawan Prancis Jean-Victor Poncelet telah menganalisis pergerakan sambungan universal menggunakan trigonometri bola.

Istilah universal joint digunakan pada abad ke-18 dan umum digunakan pada abad ke-19. Paten Edmund Morewood tahun 1844 untuk mesin pelapis logam menyerukan sambungan universal, dengan nama itu, untuk mengakomodasi kesalahan penyelarasan kecil antara engine dan poros gilingan rolling. Paten lokomotif Ephriam Shay tahun 1881, misalnya, menggunakan sambungan universal ganda pada poros penggerak lokomotif. [15] Charles Amidon menggunakan sambungan universal yang jauh lebih kecil dalam bit-brace-nya yang dipatenkan 1884.

Mesin uap bulat, rotary, berkecepatan tinggi Beauchamp Tower menggunakan adaptasi dari sambungan universal sekitar tahun 1885.

Istilah Cardan joint tampaknya merupakan latecomer untuk bahasa Inggris. Banyak penggunaan awal pada abad ke-19 muncul dalam terjemahan dari bahasa Prancis atau sangat dipengaruhi oleh penggunaan bahasa Prancis. Contohnya termasuk laporan 1868 tentang Eksposisi Universelle tahun 1867 dan artikel tentang dinamometer yang diterjemahkan dari bahasa Prancis pada tahun 1881.

unoPart menyediakan Universal Joint BARU dan BERKUALITAS untuk hampir semua merk mobil di pasaran Indonesia seperti :

  • Truk
  • Daihatsu
  • Ford
  • Hino
  • Jeep
  • Isuzu
  • Mitsubishi
  • Nissan
  • Suzuki
  • Toyota

unoPart tidak menjual barang BEKAS, REKONDISI ataupun COPOTAN.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén