Otomotif

Bahaya! Penting nya Merawat Filter AC Mobil Anda

Jakarta, unoPart.id – AC menjadi fitur wajib yang selalu dibutuhkan oleh kamu sebagai pemilik mobil di Indonesia. (di kutip dari sumber)

Apalagi tinggal di negara tropis, selalu dihadapi dengan cuaca panas, belum lagi kemacetan lalu lintas di kota-kota besar.

AC menjadi senjata ampuh yang paling diandalkan guna meredam panas ketika sedang berkendara.

Bila sampai bermasalah atau kesejukannya berkurang, otomatis akan berpengaruh pada faktor kenyamanan perjalanan kamu selama beraktivitas setiap hari.

Bicara soal AC, ternyata selain wajib mengembuskan angin sejuk pada kabin, sistem pendingin ini juga harus menghasilkan udara yang sehat.

Jadi, fungsi AC bukan sekadar menjaga temperatur kabin agar tetap sejuk, tetapi juga menjaga kualitas udara yang dikeluarkannya.

Lantas bagaimana memastikan udara yang diembuskan dari blower AC mobil kamu memiliki kualitas yang baik?

Kualitas udara dari AC salah satunya ditentukan dari kondisi filter AC yang berada di dalam kabin.

Sayangnya keberadaan filter yang berfungsi sebagai penyaring kotoran tersebut kerap terabaikan oleh pemilik mobil.

Secara fungsi, filter kabin memiliki peran yang sama dengan filter udara, yakni menyaring kotoran namun beda salurannya saja.

Bila filter AC kotor, otomatis udara yang diembuskan ke dalam kabin juga tidak bagus dan pasti tidak sehat karena AC menganut sistem sirkulasi tertutup.

Artinya, udara yang diembuskan oleh AC berasal dari udara sebelumnya yang telah diembuskan, begitu terus selama AC dinyalakan.

Keberadaan filter AC kerap dilupakan karena minimnya pengetahuan pemilik mobil, bahkan ada yang tidak tahu ada filter AC mobil di balik dasbor.

Sehingga biasanya hanya dibersihkan ketika melakukan perawatan berkala saja, padahal ada banyak faktor eksternal yang membuat filter jadi kotor lebih cepat, sehingga perlu perhatian ekstra.

Filter AC yang kotor bukan hanya membuat kesejukan udara berkurang, tapi juga menggangu kesehatan.

Debu, jamur, dan kotoran lain dapat dengan mudah menumpuk pada filter.

Bila tidak dibersihkan atau diganti akan mempengaruhi kualitas udara yang terhirup pernapasan.

Apalagi, ketika tekanan blower diperbesar, partikel halus yang tak kasat mata, bakal ikut terbang ke dalam kabin.

Memang secara patokan tidak ada bakunya kapan kamu harus ganti filter kabin.

Semua tergantung kondisi saat pengecekan, buat yang sudah mengerti merawat filter kabin, baiknya melakukan sendiri minimal melihat kondisinya satu bulan satu kali.

Untuk melihat lokasinya ada di mana, biasanya sudah tertera di buku manual mobil, lengkap dengan cara-cara melakukan pelepasan untuk membersihkannya juga.

Filter AC pantang untuk dicuci atau direndam dan kamu hanya diperbolehkan menyemprotnya dengan tekanan udara dari kompresor.

Namun bila dirasa hal itu cukup merepotkan, solusi lainnya untuk pengguna Toyota bisa langsung memanfaatkan layanan servis berkala yang disajikan oleh dealer resmi Toyota.

Beli Filter Kabin / AC untuk Mobil anda

Leave a Reply

Theme by Anders Norén