Promo Suku Cadang

Apa itu Tromol? Apakah Rem Cakram lebih baik dari Tromol?

Rem Tromol mobil adalah sistem rem pada mobil yang menggunakan tromol atau drum brake untuk menghentikan laju kendaraan dan sekaligus berfungsi sebagai parking brake atau rem parkir.

Kelebihan dan Kekurangan Rem Tromol di banding rem biasa

Terlindungi dan tidak mudah kotor
Rem tromol pada umumnya diletakkan di tempat tertutup, sehingga debu dan kotoran tidak bisa masuk. Dengan begitu rem tromol tidak akan mudah kotor karena tidak ada debu yang masuk ke dalam. Dengan mengandalkan cara ini kinerja rem bisa lebih terasa lembut, ditambah lagi penampang pada bagian sistem pengereman dibuat dengan model agak lebar sehingga pengereman menjadi lebih optimal.

Seperti yang kita tahu, jika rem Mobil kotor harus segera dilakukan pembersihan. Tujuannya agar dapat melakukan tugasnya dengan maksimal. akan tetapi dengan menggunakan rem jenis ini maka hal tersebut dapat diminimalisir.

Dapat menahan beban yang lebih besar
Kelebihan rem tromol Mobil lainnya adalah mampu menahan beban yang besar. Hal ini telah dibuktikan dengan kendaraan berat yang berada di jalan. Kendaraan besar seperti truk dan bus serta lainnya menggunakan rem jenis ini untuk melambatkan kecepatan. Selain itu rem tromol juga digunakan untuk dijadikan rem parkir, karena ketahanan dan kekuatannya menahan beban yang besar serta mampu menahan bobot yang berat dalam jangka yang agak lama dibandingkan rem lainnya.

Kadangkala terjadi Mobil dengan rem bukan tromol membawa beban yang berat dan rem sulit untuk dikendalikan. Hasilnya kendaraan tersebut akan terasa tidak bisa berhenti, jika melakukan pelambatan jaraknya cukup jauh. Nah bagi Anda yang ingin membawa beban berat saat bepergian diusahakan menggunakan Mobil dengan jenis rem tromol.

Harganya lebih murah
Kelebihan lain yang dimiliki rem tromol adalah harganya yang relatif murah. Hal ini dilakukan karena produksinya dilakukan secara masal, ditambah lagi biaya produksinya juga tidak terlalu mahal. Sangat berbeda dengan rem cakram yang produksinya membutuhkan campuran lain seperti carbon. Dengan begitu harganya lebih mahal dibandingkan rem tromol.

Kekurangan rem tromol Mobil

Setiap komponen Mobil mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Sama halnya dengan rem tromol yang memiliki kelemahan dalam pengeremannya. Jadi rem tromol bisa dibilang kurang pakem karena kampas rem yang menempel pada tromol tidak sepenuhnya. Hanya 70% saja, sehingga saat melakukan pengereman dengan beban berat akan melambat dalam jarak yang panjang.

Kelemahan tersebut ternyata juga mempunyai hal yang penting. Apabila rem tromol diletakkan pada bagian roda belakang tentu sangat menguntungkan. Mengingat kekuatan pengereman roda belakang tidak boleh melebihi rem depan. Apabila kekuatan pengereman lebih kuat bagian belakang, maka bisa saja Mobil akan susah untuk dikendalikan ketika melakukan pengereman secara mendadak.

Demikianlah informasi tentang kelemahan dan kelebihan rem tromol Mobil yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya hanya di unoPart.id

Leave a Reply

Theme by Anders Norén